Khasiat Kayu Manis Untuk Kesehatan


Khasiat dan Manfaat Kayu Manis
Kayu Manis Untuk Kesehatan

Siapa tidak kenal Kayu Manis ?
Kayu Manis dikenal secara luas sebagai salah satu herbal yang paling populer dan juga sebagai rempah-rempah. Minyak kayu manis sendiri memiliki banyak manfaat kesehatan, walaupun dalam kasus tertentu dilaporkan menyebabkan iritasi dan reaksi alergi. Oleh karena itu penggunaan kayu manis secara langsung atau konsumsi langsung lebih populer dibandingkan penggunaan minyaknya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli, beberapa khasiat dan Manfaat Kayu Manis antara lain adalah untuk mengontrol kadar gula darah, sehingga konsumsi kayu manis sangat baik bagi seseorang yang memiliki kadar gula darah tinggi. Kayu manis juga memiliki komponen anti infeksi dan dalam beberapa penelitian menyebutka bahwa kayu manis dapat mengatasi serangan bakteri H. pylori yang dapat menyebabkan sakit maag dan berbagai jeis penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri.

Kayu Manis memiliki nama ilmiah Cinnamomum zeylanicum, berasal dari daerah tropis Asia, terutama Sri Lanka dan India. Sekarang kayu manis hampir tumbuh disetiap daerah tropis di dunia.  Kayu manis sudah mendapat posisi terbaik dan unggul menjadi bahan pengobatan secara luas yakni obat-obatan tradisional, terutama Ayurveda (sistem obat tradisional India). Karena sifat obat, telah digunakan dalam banyak kebudayaan untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan termasuk diare, radang sendi , kram menstruasi, menstruasi yang berat, infeksi ragi, pilek, flu, dan masalah pencernaan. Dan bagian yang paling banyak digunakan dari kayu manis adalah bagian kulitnya.

Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan dapat dikaitkan dengan antibakteri, antijamur, sifat pembekuan antimikroba, dan anti zat. Kayu Manis kaya mineral seperti mangan , besi dan kalsium . Hal ini juga kaya serat .

Bunga Kayu Manis

Ada beberapa Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan seperti yang kami kumpulkan di bawah ini

Otak Tonic: Kayu Manis meningkatkan aktivitas otak dan karenanya bertindak sebagai tonik otak yang baik. Ini membantu dalam menghilangkan ketegangan saraf dan kehilangan memori. Penelitian di Wheeling Jesuit University di AS telah membuktikan bahwa aroma kayu manis memiliki kemampuan untuk meningkatkan aktivitas otak . Tim peneliti yang dipimpin oleh Dr P. Zoladz menemukan bahwa orang yang diberikan dengan kayu manis meningkatkan mereka mencapai prestasil pada kegiatan kognitif seperti proses attentional, memori pengakuan virtual, memori kerja, dan visual-motor kecepatan respon.

Pemurnian darah: Kayu Manis membantu dalam menghilangkan kotoran darah. Oleh karena itu sering dianjurkan untuk jerawat.

Sirkulasi Darah: Kayu Manis membantu dalam sirkulasi darah karena adanya senyawa pengencer darah di dalamnya. Ini membantu sirkulasi darah secara signifikan dalam menghilangkan rasa sakit. Sirkulasi darah yang baik juga menjamin suplai oksigen ke sel-sel tubuh mengarah ke aktivitas metabolik yang lebih tinggi. Anda dapat secara signifikan mengurangi kemungkinan mendapatkan serangan jantung kayu manis secara teratur mengkonsumsi.

Nyeri: Kayu manis juga anti inflamasi. Ini membantu dalam menghilangkan kekakuan otot. Ini mengurangi nyeri dan kekakuan otot dan sendi. Kayu manis juga dianjurkan untuk arthritis. Hal ini juga membantu dalam menghilangkan sakit kepala yang disebabkan oleh dingin.

Diabetes: Kayu Manis memiliki kemampuan untuk mengendalikan gula darah. Kayu manis sangat berguna bagi Penderita diabetes karena membantu penderita dalam menggunakan insulin. Penelitian telah menunjukkan bahwa itu sangat membantu untuk pasien yang menderita diabetes . Pasien diabetes tidak dapat menggunakan insulin dengan baik. Para peneliti di US Department of Human Nutrition Research Pusat Pertanian di Beltsville, Maryland , mempelajari efek berbagai makanan zat termasuk kayu manis pada gula darah. Mereka menemukan bahwa air -larut senyawa yang disebut polifenol MHCP yang berlimpah dalam kayu manis bertindak sinergis dengan insulin dan membantu dalam pemanfaatan yang lebih baik dari insulin.

Infeksi: Karena antijamur nya, antibakteri, antivirus dan antiseptik properti, hal ini amat efektif pada infeksi eksternal maupun internal. Ini membantu dalam menghancurkan kuman dalam kandung empedu dan bakteri pada infeksi Staph.

Penyembuhan: Kayu Manis membantu dalam menghentikan perdarahan. Oleh karena itu memfasilitasi proses penyembuhan.

Penyakit Jantung: Hal ini diyakini bahwa kalsium dan serat yang hadir dalam kayu manis memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung. Termasuk penggunaan sedikit kayu manis dalam makanan membantu mereka yang menderita penyakit arteri koroner dan tekanan darah tinggi.

Kanker Usus Besar /Colon: Hal ini juga meningkatkan kesehatan usus dan dengan demikian mengurangi risiko usus kanker .

Penyegar Mulut: Kayu Manis digunakan dalam permen karet karena merupakan penyegar mulut yang baik dan menghilangkan bau mulut .

Parfum: Ini memiliki aroma yang menyegarkan dan secara luas digunakan dalam pembuatan parfum.

Gangguan pencernaan: Kayu Manis ditambahkan dalam resep banyak daerah . Selain menambahkan rasa pada makanan, juga membantu dalam pencernaan. Kayu Manis sangat efektif untuk gangguan pencernaan, mual muntah, sakit perut, diare dan perut kembung . Karena sifat karminatif, itu sangat membantu dalam menghilangkan gas dari perut dan usus. Ini juga menghilangkan keasaman sakit, diare dan pagi. Oleh karena itu sering disebut sebagai tonik pencernaan.

Masalah pernapasan: Kayu Manis membantu dalam dingin, flu, tenggorokan influenza, sakit dan kemacetan.

Menstruasi: Kayu Manis efektif dalam memberikan bantuan dari ketidaknyamanan menstruasi dan kram.

Pengendalian kelahiran: Kayu manis juga membantu dalam pengendalian kelahiran alami. Konsumsi secara teratur kayu manis setelah kelahiran anak penundaan menstruasi dan dengan demikian membantu dalam menghindari konsepsi.

Menyusui: Hal ini juga percaya bahwa kayu manis membantu dalam sekresi payudara susu .

Kayu Manis diuretik di alam dan membantu dalam sekresi dan keluarnya air seni. Hal ini juga afrodisiak dan diyakini untuk membangkitkan gairah seksual.

Manfaat Minyak Kayu Manis

Minyak Kayu Manis diperoleh dari kulit kayu dan daun pohon kayu manis. Minyak Kayu Manis tidak memiliki aplikasi dalam aromaterapi, namun tidak sepopuler seperti minyak yang lain seperti minyak esensial pinus , minyak kemangi esensial , minyak esensial rosemary dan minyak esensial lavender .

Memasak: Beberapa orang menambahkan minyak kayu manis saat memasak. Minyak kayu manis yang diperoleh dari daun mengandung senyawa bernama cinnamaldehyde, yang merupakan agen penyedap yang sangat baik.

Kamar Freshener: Aroma kayu manis yang menyenangkan minyak membuatnya menjadi sangat efektif sebagai penyegar ruangan. Hal ini sering ditambahkan dalam potpourris.

Menghilangkan Nyamuk: Minyak Kayu Manis adalah penolak nyamuk yang baik. Penelitian telah sekarang terbukti bahwa minyak kayu manis sangat efektif dalam membunuh larva nyamuk. Para Jurnal Kimia Pertanian dan Makanan (sebuah jurnal ilmiah terkenal) telah melaporkan penelitian yang dilakukan di Universitas Nasional Taiwan . Selain dari daun kayu manis, kulitnya juga merupakan sumber yang baik cinnamaldehyde, yang merupakan agen aktif membunuh nyamuk. Penelitian ini telah membuka jalan untuk menemukan solusi lingkungan untuk memecahkan masalah ancaman global.

Banyak perusahaan memproduksi minyak kayu manis mengklaim bahwa itu adalah agen antibakteri dan antijamur yang baik sehingga sangat efektif pada infeksi. Hal ini juga membantu dalam sirkulasi darah dan bertindak sebagai stimulan seksual. Penelitian juga membuktikan bahwa minyak kayu manis  yang diperoleh dari daun dan ranting kayu manis dapat digunakan untuk mengendalikan tungau di sarang lebah madu .

Minyak Kayu Manis harus dihindari untuk konsumsi internal. Karena, dapat memiliki efek buruk pada kulit, jika digunakan secara topikal dalam bentuk terkonsentrasi, karena itu harus digunakan dalam bentuk diencerkan. Selain itu sebelum menggunakan minyak kayu manis, harus diuji apakah sesuai dengan tipe kulit Anda. Oleh karena itu pada pemakaian luar periksa apakah Anda mendapatkan reaksi alergi dan jangan oleskan minyak kayu manis pada wajah dan daerah-daerah sensitif.

Kayu Manis menyatu dengan baik dengan berbagai minyak esensial dan karena itu banyak digunakan dalam penyiapan aromaterapi . Hal ini meningkatkan efektivitas bumbu dan minyak esensial dan dengan demikian mempercepat proses pengobatan obat herbal.

Banyak herbal memiliki rasa yang tidak menyenangkan. Kayu manis atau minyak kayu manis ditambahkan untuk persiapan herbal untuk membuat mereka terasa lebih enak. Minyak menyatu dengan baik dengan minyak esensial lain seperti lemon minyak esensial , minyak esensial rosemary , minyak geranium esensial , minyak esensial lavender dan minyak esensial kapulaga

Khasiat dan Manfaat Kayu Manis yang lain adalah meringankan sakit kepala pada penderita rematik serta mencegah pertumbuhan sel kanker. Kayu manis juga merupakan obat serba guna yang mengandung kalsium, zat besi dan mangan serta serat yang membantu meringankan nyeri haid. Selain itu Manfaat Kayu Manis dapat membantu menyembuhkan penyakit Alzheimer dan menjadi pengawet makanan alami.

Kandungan yang terdapat dalam kayu manis adalah eugenol, etil sinamat, metil chavicol, linalool, cinnamaldehyde dan beta-kariofilen. Kandungan cinnamaldehyde inilah yang memberikan rasa dan aroma khas pada kayu manis. Selain digunakan untuk sebagai bumbu masakan, ternyata kayu manis memiliki manfaat kesehatan yang banyak.

Beberapa hal yang perlu digaris bawahi sebagai Khasiat Kayu Manis adalah :

Kayu manis terbukti dapat menurunkan atau mengontrol kadar gula pada penderita diabetes. Sebuah studi dari US Agricultural Research Service telah menunjukkan bahwa sedikit 1 gram (1 sendok teh) bubuk kayu manis per hari dapat menurunkan 20% gula darah.

Tidak hanya gula darah saja, Kayu manis dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida atau asam lemak di dalam darah.

Kayu manis memiliki memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri dan digunakan secara luas untuk mengobati penyakit akibat jamur candida albicans dan bakteri helicobacter pylori.

Komponen cinnaldehyde pada kayu manis memiliki efek pengencer darah yang membantu mencegah terjadinya pengumpalan darah. Dengan kata lain kayu manis dapat mencegah penyumbatan darah, sehingga meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko stroke.

Kayu manis memiliki sifat anti inflamasi. Hal ini digunakan untuk menyembuhkan peradangan jaringan internal karena konsumsi makanan yang digoreng atau diproses.

Kayu manis juga kaya akan zat besi, kalsium mangan, dan serat. Kombinasi tersebut membantu mengurangi dan menghilangkan empedu, dan kemudian mencegah kerusakan pada sel-sel usus besar atau timbulnya kanker usus besar. Hal ini juga membantu meringankan sindrom iritasi usus besar.

Kayu manis juga mengurangi laju pengosongan lambung, sehingga mengurangi kenaikan kadar gula darah setelah makan yang berarti Anda tidak akan merasa cepat lapar.

Aroma kayu manis akan meningkatkan fungsi otak Anda, meningkatkan daya ingat dan kinerja otak untuk tugas-tugas tertentu.

Bubuk kayu manis dapat juga digunakan sebagai alternatif untuk pengawet makanan, hal ini disebabkan karena sifat antimikrobanya yang kuat.

Kayu manis juga telah digunakan secara tradisional untuk pengobatan sakit gigi karena kerusakan gigi dan bau mulut.

Dengan sederet manfaat bagi manusia, saran saya agar segera menanam atau mebudidayakan Kayu Manis di setiap Pekarangan rumah sebagai sumber herbal alami kesehatan keluarga ..

 

2 responses to “Khasiat Kayu Manis Untuk Kesehatan

  1. Bagaimana cara mengolah kayu manis agar bisa digunakan sebagai obat-obatan seperti yang telah dijelaskan diatas?

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s