Khasiat Buah Naga Untuk Kesehatan


Kalau anda pernah melihat Tukang Buah menjajakan buah berwarna kemerahan kadang sedikit gelap atau kadang merah muda dan kulit buah ditutupi dengan sisik hijau yang besar ?Buah Naga Merah

Buah ini dikenal dengan Buah Naga yang dalam bahasa latin bernama Hhylocereus polyrhizus. Buah Naga berasal dari daerah Amerika Tengah dan tumbuh di daerah dengan iklim tropis, subtropis, hingga daerah beriklim kering. Manfaat dari buah naga ini sudah dikenal di penjuru dunia.

Buah naga merupakan buah yang eksotis untuk sebagian orang dengan warna intens dan bentuk serta dengan bunga yang mempesona. Seperti mekar di malam hari, juga disebut Moonflower, Ratu malam dan Lady of the Night.

Buah Naga dikenal memiliki khasiat sebagai antioksidan yang sangat baik sehingga bisa melindungi tubuh dari radikal bebas dan kanker. Buah ini memiliki rasa agak hambar. Khasiat buah naga ini bagi tubuh yaitu untuk menetralkan racun, dan juga mengikat logam berat.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga membuat manfaat buah naga sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh hingga membantu menyembuhkan luka/memar. Kandungan vitamin B2 dan B1 dalam buah naga sangat baik untuk meningkatkan metabolisme dan memulihkan nafsu makan. Ditambah lagi, buah naga juga mengandung vitamin B3 yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol. Belum selesai, buah naga juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit batuk dan asma hingga mengatasi tekanan darah tinggi.

Terlebih lagi, buah naga tidak hanya mengandung vitamin, tetapi juga fosfor dan kalsium yang bisa membuat tulang menjadi kuat dan gigi menjadi lebih sehat. Dapat kita simpulkan, bahwa buah naga ini sangat baik untuk anda yang ingin menurunkan berat badan dan kadar gula darah.

Manfaat buah naga merah dikenal efektif untuk menurunkan kadar glukosa darah. Buah naga merah adalah buah yang memiliki serat yang tinggi sehingga dapat membantu proses pencernaan dan juga membantu mengurangi lemak dalam tubuh.

Karena kandungan karoten didalam, Buah naga merah juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mata.

Khasiat buah naga merah selanjutnya adalah dapat mencegah dan mengobati penyakit jantung, kanker, hingga membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan karena buah naga mengandung lycopene. Buah naga merah juga berfungsi untuk membantu pembentukkan jaringan karena buah ini mengandung vitamin B1, B2, B3, C, kalsium, protein dan fosfor.

Untuk memperoleh manfaat dari buah naga ini secara maksimal, anda bisa membuat nya menjadi jus dan meminumnya secara rutin. Setiap cangkir dari buah naga ini mengandung kurang lebih 100kkal. Tetapi bila anda tidak sempat mengolah menjadi jus, maka anda bisa mengkonsumsinya langsung untuk memperoleh khasiatnya.

Di tengah buah, bubur manis hadir dalam warna putih atau merah, dengan biji hitam kecil. Manfaat gizi buah naga ini membuat pilihan yang sangat populer di kalangan umum.Buah Naga

Kandungan nutrisi Buah Naga:

Berikut ini adalah nilai-nilai gizi dari buah naga hadir dalam 100 gram buah:
Niasin – 1,3 mg
Riboflavin – 0,044 mg
Tiamin – 0,0 mg
Vitamin C – 9 mg
Vitamin B3 – 0,43 mg
Vitamin B2 – 0,045 mg
Vitamin B1 – 0,043 mg
Besi – 0,65 mg
Fosfor – 36,1 mg
Kalsium – 8.8 mg
Karoten – 0,012 mg
Serat kasar – 0,9 g
Lemak – 0,61 g
Ash – 0,28 g
Protein – 0,229 g
Moisture – 83 g
Lain-lain – 0,68 g

Buah naga merupakan sumber antioksidan yang baik, mencegah radikal bebas dan melindungi dari menyebabkan kanker dan detriments kesehatan lainnya dari memasuki tubuh Anda.Buah ini membantu menetralkan zat-zat beracun seperti logam berat. Selain itu, tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol dapat dikurangi dengan mengkonsumsi buah naga.Bila anda rajin mengkonsumsi buah naga ini akan membantu dalam melawan batuk dan asma karena kandungan vitamin C dalam jumlah banyak dan membantu dalam penyembuhan memar dan luka dengan cepat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Vitamin B2 hadir dalam buah naga bertindak seperti multivitamin dan membantu untuk memperbaiki dan memulihkan hilangnya nafsu makan.

Vitamin B1 dalam buah ini membantu dalam meningkatkan produksi energi dan juga dalam metabolisme karbohidrat.

Karena kehadiran vitamin B3, membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Ini meningkatkan penampilan kulit Anda dengan menghaluskan dan melembabkan itu.
Manfaat buah naga yang lain yaitu meningkatkan penglihatan dan menghindari hipertensi.
Karena merupakan sumber yang baik fosfor dan kalsium, memperkuat tulang, membantu dalam pembentukan jaringan dan bentuk gigi yang sehat.
Konsumsi rutin buah naga berat badan menurun, sehingga menciptakan tubuh yang seimbang.
Buah naga juga sangat membantu dalam mengurangi kadar gula darah pada orang yang menderita diabetes tipe 2.

Saran kami, mulai rubah pola makan anda dengan menambahkan menu Buah Naga sebagai menu buah rutin bagi keluarga …