Khasiat Jahe Bagi Kesehatan


Khasiat Jahe Bagi Kesehatan

Tulisan Khasiat jahe Bagi Kesehatan ini saya coba kumpulkan karena di samping saya penggemar tanaman obat Indonesia dan memang sedang ingin mengajak rekan-rekan semua untuk mulai melirik satu dari tanaman obat ini : Jahe yang sangat mudah didapat disekitar kita dan memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatantanaman-jahe-merah

Kalau kita cukup jeli memperhatikan ada banyak produk minuman dalam kemasan- sachet bermunculan belakangan ini yang menyertakan Jahe sebagai salah satu ingrediens utamanya dan biasanya dikombinasikan dengan Kopi , Teh atau Susu dan melabelkan begitu banyak manfaat bagi kesehatan

Jahe memiliki nama latin  Zingiber officinale  dan dikenal sebagai esensi dan rempah-rempah Tanaman Jahe sendiri diketahui menjadi salah satu obat tertua yang dikenal dalam tradisi herbal dan aromatik, khususnya di negara – negara Cina , India , dan Timur Tengah.

Macam macam tanaman Jahe (Zingiber Officinale) berdasarkan ukuran dan warnanya adalah sebagai berikut.
Jahe putih/kuning besar atau disebut juga jahe gajah atau jahe badak Rimpangnya lebih besar dan gemuk, ruas rimpangnya lebih menggembung dari kedua varietas lainnya. Jenis jahe ini bias dikonsumsi baik saat berumur muda maupun berumur tua, baik sebagai jahe segar maupun jahe olahan

Jahe putih/kuning kecil atau disebut juga jahe sunti atau jahe emprit. Ruasnya kecil, agak rata sampai agak sedikit menggembung. Jahe ini selalu dipanen setelah berumur tua. Kandungan minyak atsirinya lebih besar dari pada jahe gajah, sehingga rasanya lebih pedas, disamping seratnya tinggi. Jahe ini cocok untuk ramuan obat-obatan, atau untuk diekstrak oleoresin dan minyak atsirinya.

Jahe merah Rimpangnya berwarna merah dan lebih kecil dari pada jahe putih kecil. sama seperti jahe kecil, jahe merah selalu dipanen setelah tua, dan juga memiliki kandungan minyak atsiri yang sama dengan jahe kecil, sehingga cocok untuk ramuan obat-obatan.jahe Merah

Manfaat Jahe sebagian besar saya rangkum sebagai berikut
Kesehatan tulang : Jahe dikenal untuk meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi nyeri sendi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Miami, merekrut beberapa ratus pasien – dari berbagai latar belakang dan usia – dengan gejala osteoarthritis. Para pasien kemudian disapih dari obat anti-inflamasi dan analgesik untuk tujuan pembersihan. Seminggu setelah itu, mereka dibagi menjadi dua kelompok, satu memakai plasebo, dan yang lainnya menggunakan Jahe. Setelah enam minggu dosis intensif, survei dilakukan di antara kedua kelompok, setiap kelompok merasakan adanya  perbaikan, namun, 63% dari kelompok konsumsi Jahe merasakan pengurangan rasa sakit yang jauh lebih baik, sementara dari kelompok laiinya reaksi dialami hanya oleh sebagian peserta . Tes terakhir adalah berjalan dengan jarak 50 kaki, dimana terbukti khasiat jahe memberikan perbaikan dua kali lipat dibandingkan pada peserta pengguna plasebo.

Diare:  Jahe juga dikenal dan digunakan sejak zaman dahulu untuk menyembuhkan diare, dan ditemukan oleh para ilmuwan bahwa jahe memang membantu mencegah kejang perut dan terhadap gas yang berkontribusi menonjolkan diare.

Pencernaan: Jahe telah ditemukan untuk menjadi fasilitator untuk proses pencernaan. Kadar gula tinggi setelah makan dapat menyebabkan perut kehilangan kecepatan alaminya mengosongkan isinya. Jahe membantu dalam mengatur kadar gula tinggi yang dapat mengganggu pencernaan dan menenangkan perut, dengan demikian, mempertahankan ritme reguler.

Aktivitas Seksual:  Tahukah anda ? Jahe telah digunakan selama bertahun-tahun dalam membangkitkan keinginan dan meningkatkan aktivitas seksual. Aroma Ginger memiliki daya pikat unik yang membantu dalam membangun hubungan . Belum lagi, jahe juga membantu sirkulasi darah, sehingga darah mengalir lebih mudah ke bagian pertengahan tubuh.

Kram Menstruasi: Kram adalah reaksi alami individu yang mengisyaratkan bahaya atau kerusakan dalam tubuh . Dalam hal ini, prostaglandin – hormon yang berfungsi sebagai pembawa unsur kimia-adalah aktivator penting untuk gejala seperti: kram, nyeri, dan demam. Para ilmuwan percaya bahwa prostaglandin tingkat tinggi berkontribusi saat kram menstruasi meningkat. Dalam hal ini Jahe membantu dengan mengurangi tingkat prostaglandin dalam tubuh, sehingga menghilangkan kram.

Mual: Studi telah menyimpulkan bahwa jahe membantu dalam menyembuhkan rasa mual yang berhubungan dengan kehamilan, mabuk perjalanan dan kemoterapi. Jahe yang dengan cepat diserap tubuh menyembuhkan mual dan berfungsi  tanpa efek samping seperti halnya obat.

Flu: Jahe juga kini telah diresepkan untuk memerangi peradangan . Efek menenangkan, membantu mengurangi alarm tubuh untuk sel yang rusak dalam tubuh. Sedangkan sel darah putih bekerja pada patch sel, jahe akan bertindak sebagai penghalang untuk prostaglandin yang menyebabkan demam , sakit kepala, dan kram.

Mencegah Perut Buncit
Dengan mengkonsumsi jahe sebelum makan mampu mencegah terjadinya perut buncit. Hal ini dikarenakan jahe sendiri mengandung media metabolismedan memperlancar pencernaan. Dengan adanya peningkatan metabolisme tersebut, akan mempercepat pembakaran kalori dan meratakan perut buncit.

Membuat Tubuh Menjadi Perkasa
Kandungan senyawa yang terdapat pada jahe memiliki sifat inklamasi yang sangat efektif membangun otot. Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi jahe secara teratur membantu mengurangi rasa sakit pada otot yang disebabkan kaena latihan fisik.

Sebagai Obat Jerawat
Salah satu penelitian yang dilakukan di Universitas Maryland Midical Center, untuk membantu mecegah timbulnya jerawat dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe maksimal 4 gram per hari. Karena jika mangkonsumsi jahe pada dosis yang tinggi mampu menyebabkan efek samping seperti iritasi, mules, dan diare.

Menurunkan Berat Badan
Jahe berfungsi melebarkan pembuluh darah membakar kalori menjadi panas tubuh. Selain itu jahe hanya mengandung sedikit kalori sehingga tidak berkontribusi menaikkan berat badan anda. Seduhan wedang jahe sangat baik bagi kesehatan dan metabolisme tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Seperti yang telah di sebutkan di atas, jahe memiliki kemampuan melebarkan pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormon adrenalin. Oleh karena itulah darah akan mengalir lebih cepat dan menurunkan tekanan darah tinggi anda.

Membersihkan Kotoran di Dalam Tubuh
Jika kita sering mengkonsumsi jahe dengan cara diseduh, biasanya kita akan berkeringat. Melalui keringat itulah dikeluarkan begagai kotoan jahat yang ada di dalam tubuh.

Mencegah Penggumpalan Darah
Di dalam jahe terkandung senyawa yang bernama gingerol. Gingerol ini merupakan salah satu senyawa yang mempu mencegah penggumpalan darah karena akan berubah menjadi antikoagulan.

Dengan Khasiat Jahe Bagi Kesehatan yang begitu berlimpah , kita tetap harus menyadari bahwa jahe juga memiliki efek samping bagi mereka yang menderita batu empedu karena ramuan Jahe berpengaruh terhadap pelepasan empedu dari kantong empedu. Oleh karena itu, dianjurkan jika memiliki kondisi gangguan hati atau empedu untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi jahe.

Nah bagi kita yang siap mendapatkan Khasiat Jahe Bagi Kesehatan , bisa mulai menulis jadwal hari Jahe dimana hari tersebut dalam menu kita ada cukup Jahe yang di konsumsi sesuai kebutuhan …selamat mencoba !

Untuk Artikel Kesehatan lainnya bisa dilihat disini