Mengenal gejala awal Penyakit Diabetes


Mengenal gejala awal Penyakit Diabetes

Sedia Payung Sebelum Hujan , nasihat ini sering kita dengar dari orang tua kita yang memang ternyata sangat valid dalam menyikapi masalah kesehatan kita

Kebanyakan dari kita kurang peka ketika melakukan check kesehatan dan mendapatkan bahwa ada kenaikan dalam kadar gula dalam darah yang meskipun tak begitu mencolok namun bisa menjadi penanda awal datangnya penyakit diabetes.

Seperti kita ketahui pada prosesnya, organ pankreas memproduksi insulin untuk memproduksi glukosa yang sangat diperlukan oleh sel darah. Namun, sel yang seharusnya mampu menyimpan glukosa tersebut mengalami gangguan, pada akhirnya glukosa tersebut malah masuk ke dalam aliran darah.

Orang yang mengalami pre-diabetes memiliki kemungkinan lebih besar untuk terkena serangan jantung, stroke, gangguan mata, termasuk juga peningkatan resiko penyakit diabetes sendiri.

Apabila hal ini dibiarkan terus berlanjut maka kemungkinan besar akan terus berkembang menjadi diabetes dan pada akhirnya menyebabkan gangguan organ tubuh lainnya.

Apabila orang-orang yang memiliki hasil tes pre-diabetes dan mampu menurunkan berat badannya dan dalam setiap harinya melakukan aktifitas fisik minimal selama 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu ternyata akan mampu mencegah terjadinya penyakit diabetes.

Begitu juga fakta yang menyebutkan bahwa orang-orang yang mampu mengubah kebiasaan hidupnya ternyata mampu mengerem resiko terkena penyakit diabetes tipe-2 sampai 60%. Bahkan sebagian orang ternyata mampu mengembalikan kadar gula darah ke keadaan normal seperti semula.

Berikut ini merupakan hal-hal yang patut diwaspadai dari pre-diabetes:
1. Tes untuk mengetahui kadar gula dalam darah sebaiknya dilakukan dalam jangka 3 tahun sekali terutama bagi orang-orang yang memiliki berat badan berlebih (obesitas).
2. Patut diketahui bahwa kadar gula dalam darah yang normal ialah 100 mg/dl jika dilakukan tes setelah berpuasa. Jika tes yang dilakukan hasilnya lebih tinggi, maka kemungkinan besar terkena diabetes. Dan hasil tes yang berada diantara nilai tersebut maka sudah termasuk dalam keadaan pre-diabetes.
3. Angka tekanan darah sekitar 140/90 atau lebih.
4. Jika pernah melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4,5 kg atau pernah mengalami gestational diabetes ketika masa kehamilan maka resiko menderita diabetes juga akan meningkat.
Semoga bermanfaat ( dari berbagai sumber )